1.
Definisi
dan Fungsi Mailing List
Juga sering
diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh
sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi.
Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan
diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan
sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu
surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya
kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut,
dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa
orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga
dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima
atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat
diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh
berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang
moderator.
2. Fungsi Mailing List
Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial dan
selalu memiliki kecenderungan untuk membentuk komunitas. Dalam berhubungan
dengan komunitasnya (misalnya dengan saudara-saudara dalam suatu keluarga besar
yang tersebar diberbagai daerah atau dengan eks teman-teman sekolah yang telah
tersebar kepelosok bumi ini), tentu akan sangat amat sulit sekali
apabila
harus mengumpulkan semua. Untuk itu memanfaatkan teknologi mailing list adalah
jalan yang dapat memperlancar komunikasi (tentu milis bukan satu-satunya yang
dapat dijadikan sarana komunikasi tersebut, masih ada Web Forum, Chat room dan
lain-lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya)
Singkatnya, dengan berkomunikasi memanfaatkan
teknologi milis, seluruh anggota milis dapat menerima email yang dikirim oleh
salah satu anggota tanpa perlu mengirim satu persatu ke masing-masing anggota
(bayangkan bila anggota milis suatu alumni sekolah mencapai ratusan dan harus
mengirim satu per satu)
3.
Membuat
Mailing List
Cara membuat Mailing List di Yahoo Group
Anda harus memiliki email Yahoo terlebih dahulu. Kalau belum,daftar email Yahoo di sini.
1. Masuk/login ke akun email Yahoo anda di mail.yahoo.com
2. Kunjungi groups.yahoo.com -> klik Start your group (kanan atas)
3. Di
"Browse Group Categories" -> Pilih kategori. Contoh, pilih
Regional -> Countries -> Indonesia
4. Klik "Place My Group Here"
5. Group Name -> Beri nama
6. Enter
Your Group Email Address -> buat alamat email group (bukan email Yahoo
Anda). Harus sambung semua. Nantinya, alamatnya akan seperti ini:
contoh@yahoogroups.com.
7. Describe Your Group -> beri deskripsi group Anda.
8. Klik Continue (bawah kanan)
9. Pilih email Yahoo! yang akan menjadi owner group -> isi verifikasi kata -> klik Continue (bawah kanan).
10, Ada pesan Congratulations! Berarti proses membuat group selesai.
Sekarang Anda dapat menyetel/settings group yang baru dibuat. Apakah akan dibikin terbuka, tertutup atau semi-tertutup, dst.
7. Describe Your Group -> beri deskripsi group Anda.
8. Klik Continue (bawah kanan)
9. Pilih email Yahoo! yang akan menjadi owner group -> isi verifikasi kata -> klik Continue (bawah kanan).
10, Ada pesan Congratulations! Berarti proses membuat group selesai.
Sekarang Anda dapat menyetel/settings group yang baru dibuat. Apakah akan dibikin terbuka, tertutup atau semi-tertutup, dst.
Google
Group tidak sepopuler Yahoo Groups. Maklum, Google Group memang dibuat
belakangan dibanding Yahoo Groups. Untuk membuat milis di Google Groups, Anda
harus memiliki email Gmail terlebih dahulu. Jika belum anda harus mendaftar
terlebih dahulu
1. Masuk/login ke akun email Gmail anda di gmail.com
2. Kunjungi groups.google.com -> klik Create ->
3. Name your group -> isi nama group. Contoh, FKIP UNIGAL CIAMIS
4. Create a group email address -> buat nama email group. Contoh fkipunigal (harus sambung semua).
5. Write a group description -> tulis deskripsi grup yang akan dibuat. Contoh, Forum komunikasi antara mahasiswa FKIP UNIGAL CIAMIS .
6. Klik Create My Group (bawah) -> isi verifikasi kata.
7. Klik Create my group.
8, Anda disuruh meng-invite member -> klik Skip this step
9. Selesai.
1. Masuk/login ke akun email Gmail anda di gmail.com
2. Kunjungi groups.google.com -> klik Create ->
3. Name your group -> isi nama group. Contoh, FKIP UNIGAL CIAMIS
4. Create a group email address -> buat nama email group. Contoh fkipunigal (harus sambung semua).
5. Write a group description -> tulis deskripsi grup yang akan dibuat. Contoh, Forum komunikasi antara mahasiswa FKIP UNIGAL CIAMIS .
6. Klik Create My Group (bawah) -> isi verifikasi kata.
7. Klik Create my group.
8, Anda disuruh meng-invite member -> klik Skip this step
9. Selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar